Sabtu, 13 September 2014

PENERIMAAN RAPOR BULANAN DIUNDUR


Mulai diterapkannya kurikulum 2013 di SDIT Adzkia Padang merupakan kabar gembira bagi warga sekolah, karena kurikulum 2013 ini penekanannya tidak lagi nilai semata, tetapi karakter peserta didik yang lebih ditonjolkan, jika sebelumnya dalam setiap penerimaan rapor orang tua walimurid akan diperlihat angka-angka yang diperoleh anak selama belajar, maka pada kurikulum 2014 ini tidak lagi demikian, karena penilaian yang diterapkan pada kurikulum ini adalah pendeskripsian tentang anak yang dituangkan di dalam rapor bulanan dan semester.

Kurikulum 2013 menilai 3 aspek, pertama pengetahuan, yaitu penilaian dari sisi kognitif anak, yang kedua keterampilan anak dari berbagai aspek, mahir menyanyi, melukis, bermain peran, maju ke depan kelas, dan lain sebagainya, dan yang terakhir penilaian sikap, ini adalah yang terpenting,  berkaca pada kurikulum sebelumnya, banyak siswa yang nilainya tinggi tetapi akhlaknya bobrok, sudah dewasa dan bekerja mereka korupsi, artinya nilai tidak lagi menjadi acuan utama, maka penilaian sikap ini memang harus dikawal oleh guru yang bersangkutan, bagaimana kejujuran, keberanian, aklaq terpujinya, ini penting bagi anak baik di masa sekarang dan masa mendatang.

Namun bagaimanapun juga, kendala tetap ada, seperti kurang siapnya guru untuk memberikan rapor bulanan sesuai dengan yang dijadwalkan semula yaitu pada Sabtu 13 September 2014. Hal ini disebabkan banyak faktor, kurang pahamnya guru-guru karena belum teradaptasi total dari KTSP ke Kurikulum 2013, singkatnya waktu, aplikasi yang belum siap dari tekhnisi komputer sekolah, dan banyak lagi perkara lainnya.

Guru-guru di sekolah mengakui, jika rapor tetap dibagikan pada tanggal 13 September 2013, mereka akan kewalahan menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari orang tua walimurid. Oleh karena itu, guru-guru harus dibekali lagi agar paham seluruhnya, sehingga tidak lagi membingungkan orang tua.

Untuk menjawab permasalahan-permasalahan itu, Jum’at (12/9) sore setelah sholat ashar, pihak sekolah mengundang Bapak Syarifudin, MA dari LPMP Sumbar untuk menjadi narasumber tentang penilaian ini, mulai dari penilaian per pembelajaran, per sub tema, per tema, bulanan, dan rapor semester. Hal ini mendesak dilakukan, karena pada Oktober 2014 nanti rapor bulanan pertama sudah harus dibagikan.

Banyak ustadz-ustadzah yang bertanya, semuanya dijawab oleh bapak Syarif, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan singkat ini meskipun hari sudah sore, sudah jamnya pulang dan santai-santai di rumah, tetapi untuk ilmu pengetahuan, berkorban waktu adalah hal yang lumrah bagi orang-orang yang haus ilmu. rin_zahi@yahoo.com

Embun Penyejuk Hati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...