Rabu, 10 September 2014

PEMERIKSAAN KERAPIAN KUKU


Seorang dokter kecil sedang memeriksa kuku
adik-adiknya
Rabu (10/9) bertempat di lapangan basket pada pagi ini, diadakan kegiatan pemeriksaan kerapian kuku siswa oleh dokter kecil, kegiatan pemeriksaan ini merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa-siswi dokter kecil sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali seminggu, anak-anak yang kukunya rapi dipersilahkan memasuki kelas, sedangkan yang kukunya panjang ditinggalkan dulu di lapangan lalu diberi sanksi berupa mengambil sampah atau pun sanksi lain.

Dokter kecil yang sudah dibentuk dua tahun lalu sampai saat ini masih exis sampai sekarang, adapun jadwal rutin pelatihan siswa dokter kecil ini diadakan dua kali sebulan pada hari Sabtu yang langsung dibina oleh dokter puskesmas Kuranji.

Dokter kecil SDIT Adzkia saat ini berjumlah 50 siswa, dengan adanya dokter kecil ini, peran mereka sangat mendukung program adiwiyata sekolah dalam hal kesehatan, lingkungan yang sehat kondusif untuk belajar anak, sehingga anak-anak bisa belajar dengan nyaman.

Mereka dilatih disiplin dalam segala hal, karena pada dasarnya dokter bertugas tidak hanya pada hari kerja seperti kebanyakan orang-orang, tetapi kerja dokter adalah sepanjang waktu dibutuhkan, maka untuk menjadi dokter ini merupakan panggilan jiwa untuk menolong sesama.

Kebersihan kuku mencerminkan kebersihan diri anak secara keseluruhan, karena kuku adalah salah satu bagian tubuh yang selalu tumbuh dan panjang, sehingga harus dipotong paling tidak satu minggu sekali, supaya kuman-kuman tidak masuk dan bersarang di dalamnya sehingga bisa menimbulkan penyakit bagi anak itu sendiri.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.Perubahan perilaku hidup sehat di sekolah dasar adalah memaksimalkan peran dokter kecil yang telah dibentuk ini.
Mereka bertugas untuk menyampaikan pesan –pesan higinitas, mengajak teman-temannya untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menjadi teladan bersih dan sehat bagi siswa Sekolah Dasar lainnya.
Untuk menunjang pelaksanaan Dokter Kecil dalam menjalankan peran dan fungsi  mereka di sekolah maka disusunlah panduan bagi para fasilitator yang akan melakukan pelatihan bagi para dokter kecil.  Dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan para siswa yang mengikutinya.  Pelatihan dokter kecil ini  mengadopsi cara belajar secara cepat dengan menggunakan basis pengalaman hidup yang konkrit dan kontekstual dengan kehidupan sehari-hari berkaitan dengan kebersihan diri, kebersihan lingkungan dan kesehatan mulut dan gigi. Adapun prinsip belajar yang digunakan dengan melibatkan para siswa untuk mengamati, mendengar, merefleksikan, melakukan dan merayakan. 
Embun Penyejuk Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...