sholat Dhuha |
Selain memiliki kompetensi Qur’an yang bagus, program unggulan SDIT Adzkia adalah siswa-siswinya memiliki kompetensi kediniyahan (karakter
yang sholeh). Dimana siswa-siswinya
bertutur kata, bersikap dan berfikir sesuai dengan visi dan misi SDIT Adzkia
yaitu terwujudnya generasi yang qur’ani, berprestasi, peduli dan cinta
lingkungan.
Salah satu program
diniyah SDIT Adzkia adalah pengamalan ibadah harian siswa, yakni sholat sunnat
Dhuha, sholat Zuhur dan asyar
berjama’ah. Serta kegiatan Dhuha bersama setiap hari Jum’at mulai dari kelas 1
sampai kelas 6. Kegiatan ini dilaksnakan adalah untuk membina fikriyah dan
ruhaniyah siswa-siswi SDIT Adzkia.
Untuk mewujudkan
tertib di masjid tentu tidaklah mudah, butuh proses, waktu yang agak panjang. Menanamkan
karakter tertib beribadah itu tidaklah semudah membuat fisik bangunan
bertingkat. Diawal tahun 2013
Koordinator bidang diniyah menfokuskan kegiatannya untuk menanamkan tertib di
Masjid dan Khusuk dalam sholat, zikir dan do’a. Hal senada juga disampaikan
oleh Kabag DTQ Yayasan Adzkia Sumbar M.Amin menegaskan bahwa Bimbingan dan
pendampingan sholat harus menjadi perhatian prioritas kita, guru diharapkan berperan
aktif dalam mengayomi dan membimbing anak didiknya.
Untuk terciptanya
cita-cita bersama tersebut perlu dibuat semacam standar operasional prosedur
(SOP) siswa di Masjid serta uraian tugas piket guru, sebagai berikut:
SOP (STANDAR
OPERASIONAL PROSEDUR)
PELAKSANAAN
IBADAH SISWA
Di Masjid
1.
Siswa
ke masjid pukul 12.15 menit bersama ustadz/zah
2. Siswa ke masjid membawa alqur’an/
monitor
3. Sesampai di masjid siswa merapikan
sendal masing-masing
4. B erdo’alah sebelum masuk masjid
5. Berwuduklah dengan sempurna
6. Sesampai dalam masjid tunaikanlah
sholat sunnat tahyatul masjid
7. Sebelum azan dikumandangkan siswa
diwajibkan tilawah qur’an
8. Selesai azan dikumandangkan siswa
menunaikan sholat sunnat rawatib qabla zuhur
9. Selesai iqamah siswa langsung berdiri
dan merapikan syaf tanpa suara.
10. Siswa sholat dengan khusu’
11. Selesai sholat siswa berdzikir dan
berdo’a dengan baik dan benar.
12. Selesai
berdo’a siswa menunaikan sholat sunnat rawatib ba’da zuhur.
13. Selesai sholat sunnat siswa menghadap
ke lapangan siap untuk keluar dari masjid dengan tertib.
Tugas Guru Piket
I.
Piket
Penyambutan Di Masjid
1.
Menyambut
siswa di masjid
2.
Mengontrol
penertiban sandal siswa
3.
Memeriksa
kerapian pakaian siswa
4.
Mengingatkan
siswa untuk berdo’a sebelum masuk masjid
II.
Piket
Pengawasan Wudhu’
1.
Mengawasi
siswa dalam berwudhuk
2.
Membimbing
siswa dalam berwudhu’
3.
Memberikan
nasehat bagi agar tertib dalam berwudhuk
III.
Piket
Pemandu Umum
1.
Mengkondisikan
siswa dalam masjid agar tertib di masjid
2.
Membimbing
siswa agar menunaikan sholat sunnat dengan baik
3.
Membimbing
siswa memuraja’ah hafalan secara bersama-sama
4.
Mengingatkan
siswa agar menjaga adab-adab di masjid
IV.
Piket
Pengaturan Syaf
1.
Merapikan
syaf siswa ketika berada dalam masjid
2.
Memandu
siswa untuk keluar masjid dengan tertib selesai holat
3.
Memberikan
punishment kepada siswa yang tidak tertib
4.
Memeriksa
kerapian pakaian siswa sebelum keluar masjid
V.
Imam
1.
Memimpin
sholat jama’ah
2.
Berpakaian
yang rapi (tidak memakai baju kaos)
3.
Imam
harus menggunakan peci
4.
Memastikan
jama’ah tenang sebelum sholat jama’ah dimulai.
Korbid
Diniyah
By:
Abu-dzafar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar