Jumat, 15 Februari 2013

Bimbingan Sholat

sholat Dhuha



Selain  memiliki kompetensi Qur’an yang bagus,  program unggulan SDIT Adzkia  adalah siswa-siswinya  memiliki kompetensi kediniyahan (karakter yang sholeh).  Dimana siswa-siswinya bertutur kata, bersikap dan berfikir sesuai dengan visi dan misi SDIT Adzkia yaitu terwujudnya generasi yang qur’ani, berprestasi, peduli dan cinta lingkungan.
Salah satu program diniyah SDIT Adzkia adalah pengamalan ibadah harian siswa, yakni sholat sunnat Dhuha, sholat Zuhur  dan asyar berjama’ah. Serta kegiatan Dhuha bersama setiap hari Jum’at mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan ini dilaksnakan adalah untuk membina fikriyah dan ruhaniyah siswa-siswi SDIT Adzkia.
Untuk mewujudkan tertib di masjid tentu tidaklah mudah, butuh proses, waktu yang agak panjang. Menanamkan karakter tertib beribadah itu tidaklah semudah membuat fisik bangunan bertingkat.  Diawal tahun 2013 Koordinator bidang diniyah menfokuskan kegiatannya untuk menanamkan tertib di Masjid dan Khusuk dalam sholat, zikir dan do’a. Hal senada juga disampaikan oleh Kabag DTQ Yayasan Adzkia Sumbar M.Amin menegaskan bahwa Bimbingan dan pendampingan sholat harus menjadi perhatian prioritas kita, guru diharapkan berperan aktif dalam mengayomi dan membimbing anak didiknya.
Untuk terciptanya cita-cita bersama tersebut perlu dibuat semacam standar operasional prosedur (SOP) siswa di Masjid serta uraian tugas piket guru, sebagai berikut:
SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR)
PELAKSANAAN IBADAH SISWA
Di Masjid

1.        Siswa ke masjid pukul 12.15 menit bersama ustadz/zah
2.       Siswa ke masjid membawa alqur’an/ monitor
3.       Sesampai di masjid siswa merapikan sendal masing-masing
4.       B erdo’alah sebelum masuk masjid
5.       Berwuduklah dengan sempurna
6.       Sesampai dalam masjid tunaikanlah sholat sunnat tahyatul masjid
7.       Sebelum azan dikumandangkan siswa diwajibkan tilawah qur’an
8.       Selesai azan dikumandangkan siswa menunaikan sholat sunnat rawatib qabla zuhur
9.       Selesai iqamah siswa langsung berdiri dan merapikan syaf tanpa suara.
10.   Siswa sholat dengan khusu’
11.     Selesai sholat siswa berdzikir dan berdo’a dengan baik dan benar.
12.   Selesai berdo’a siswa menunaikan sholat sunnat rawatib ba’da zuhur.
13.  Selesai sholat sunnat siswa menghadap ke lapangan siap untuk keluar dari masjid dengan tertib.

Tugas Guru Piket

I.                     Piket Penyambutan Di Masjid
1.        Menyambut siswa di masjid
2.       Mengontrol penertiban sandal siswa
3.       Memeriksa kerapian pakaian siswa
4.       Mengingatkan siswa untuk berdo’a sebelum masuk masjid
II.                   Piket Pengawasan Wudhu’
1.        Mengawasi siswa dalam berwudhuk
2.       Membimbing siswa dalam berwudhu’
3.       Memberikan nasehat bagi agar tertib dalam berwudhuk
III.                 Piket Pemandu Umum
1.        Mengkondisikan siswa dalam masjid agar tertib di masjid
2.       Membimbing siswa agar menunaikan sholat sunnat dengan baik
3.       Membimbing siswa memuraja’ah hafalan secara bersama-sama
4.       Mengingatkan siswa agar menjaga adab-adab di masjid
IV.                Piket Pengaturan Syaf
1.        Merapikan syaf siswa ketika berada dalam masjid
2.       Memandu siswa untuk keluar masjid dengan tertib selesai holat
3.       Memberikan punishment kepada siswa yang tidak tertib
4.       Memeriksa kerapian pakaian siswa sebelum keluar masjid
V.                  Imam
1.        Memimpin sholat jama’ah
2.       Berpakaian yang rapi (tidak memakai baju kaos)
3.       Imam harus menggunakan peci
4.       Memastikan jama’ah tenang sebelum sholat jama’ah dimulai.

Korbid Diniyah
By: Abu-dzafar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...