Rabu, 17 September 2014

PUBLIC SPEAKING


Ada yang menarik pada TOT Selasa (16/9) yaitu pembahasan tentang public speaking, dipresentasikan dengan lugas, cerdas, energik, prima, lancar, dan excellent oleh Helvany Amsa, S.Pd (24), di merupakan Dosen di Universitas Andalas yang juga tenaga pengajar LP3I Nanggalo Padang. Bertempat di gedung kaca milik Yayasan Adzkia Sumatera Barat, peserta TOT dibuat terpana oleh presentasi memukai yang disampaikan oleh narasumber muda ini.

Awalnya Fany agak canggung berhadapan saat sampai di lokasi, selanjutnya berhadapan dengan guru-guru yang sudah senior, baik dari segi pengalaman mengajar atau umur beda jauh, hal itu memang diakuinya, namun atas nama profesionalitas, kegugupan itu tidak nampak sama sekali. Ia memberikan materi lancar sekali seperti air mengalir.

Selama kurang lebih dua jam pelatihan, penulis berhasil merangku poin-poin yang disampaikan oleh narasumber tentang tips bagaimana berbicara di hadapan public, biasanya awal bicara di depan umum setiap orang pasti gugup apalagi untuk pertama kali seluruh tubuh rasanya tidak berhenti menggigil, pembicara professional pun mengalami hal yang sama, Cuma bedanya adalah dia bisa mengatasi masalah gugup tersebut dengan cepat, dia bisa menguasai keadaan,  jika anda pembicara professional bagaimana kita tahu? jantung yang berdetak kencang kembali normal, jika fasenya sudah seperti ini, maka seorang pembicara sudah menguasai panggung, selanjutnya bisa memperhitungkan seberapa sukses bisa diraih , rasa pede tidak terlalu berlebihan karena seorang pembicara profesionalisme harus memperhatikan ini, pembicara professional akan menyisakan rasa takut dalam hati dan pikiran saja.

Bagaimana tekhnik meningkatkan  confident? lakukan riset, riset bertujuan untuk memantau seperti apa hadirin atau jama’ah, anak sekolah, mahasiswa, atau dewasa umum, ini terkait dengan metode penyampaian pidato yang hendak di sampaikan di hadapan public itu sendiri. selanjutnya latihan di depan kaca, anggaplah orang yang ada di dalam kaca adalah hadirin.

Menjadi Effective communication ada 3 hal yang harus dipersiapkan, yaitu, preparation persiapan dan perencanaan awal akan menentukan sukses atau tidaknya penyampaian materi, kedua practice setelah disiapkan bahan dan materi, maka berlatihlah untuk menyampaikannya, ibarat simulasi kecil atau gladi resik, dan yang ketiga adalah presence apabila langkah yang pertama dan kedua sudah dilalui dengan baik, maka tampillah anda dengan prima.

Untuk tampil prima, bayangkan selalu rasa sukses dalam benak anda . targetkan untuk tidak melewatkan kesempatan pertama berbicara di depan public dengan hasil yang nendang dan sukses

Ada beberapa alasan mengapa kita harus menguasai public speaking yaitu, banyak orang sukses berawal dari good speaker-tuntutan zaman dan teknologi-tuntutan profesi-persaingan yang semakin ketat.

Faktanya, kemampuan berbicara di depan umum berkembang dengan latihan dan praktek, jika begitu apa sebenarnya yang menghalangi kita untuk berlati dan praktek? penyebab aslinya : rasa gugup akibat berbagai rasa takut. Semua itu akan hilang, jika anjuran-anjuran yang sudah dibaca tadi bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. rin_zahi@yahoo.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...