Selasa, 16 September 2014

BERDO’A


Siswa SDIT Adzkia sedang khusyu' berdo'a bersama setelah mengerjakan sholat sunnat Dhuha
Do’a adalah senjatanya orang beriman, ia merupakan bentuk butuhnya hamba kepada sang Khaliq, karena makhluk sifatnya rendah, hina, dan tiada berdaya di hadapan Allah Yang Maha Agung. Maka orang yang tidak mau berdo’a termasuk manusia sombong, seolah-olah ia tidak butuh pertolongan Allah, seolah-olah ia sudah hebat, bisa mengerjakan sesuatu dengan sendiri, padahal semua yang terjadi pada alam ini dan dirinya atas kehendak Allah SWT. maka berdo’alah kepada Allah, sesungguhnya Allah akan mengabulkan do’a orang-orang yang ikhlas dan sungguh-sungguh berdo’a.

Apa itu do’a? pengertian do’a menurut situs;
http://zoelkiflyunismuh10wordpres.wordpress.com/2013/03/19/pengertian-doa/ “do’a adalah permohonan kepada Allah SWT yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.”

Kenapa harus berdo’a? karena do’a merupakan jembatan yang menghubungkan hati makhluk dan Khaliq, melalui do’a inilah cara makhluk mendekat pada Sang Khaliq, orang yang sering berdo’a maka segala keinginannya akan dicukupi oleh Allah, sebaliknya orang yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali berdo’a maka selalu merasa kekurangan, contoh orang yang selalu kekurangan adalah, selalu mengeluh, mengeluh, dan mengeluh meskipun sudah banyak nikmat yang dikecap.

kapan waktu mustajabnya do’a? ada tiga, pertama, antara azan dan iqamah, pada saat ini kerjakanlah sholat sunnat qabliyah, usai sholat selanjutnya berdo’alah, jangan sia-siakan kesempatan yang mulia ini, namun disaat ini banyak orang-orang yang lalai. Kedua, diwaktu dhuha, disaat ini juga banyak orang-orang yang lalai, entah karena sibuk bekerja, sekolah, kuliah, dan kesibukan lain sebagainya, nah, walau sibuk, luangkan juga waktu untuk mengerjakan dhuha 2 raka’at atau 4 raka’at, barangsiapa yang mau mengerjakannya, maka Allah akan mencukupkan nikmatnya pada hari itu. Ketiga, sepertiga malam yang terakhir, waktu ini kira-kira jam 03.00 Wib dini hari. Waktu ini sangat berat bagi seorang insan untuk bangun lalu sujud, karena berat tantangannya, yaitu melawan kelopak mata yang tidak bisa diajak kompromi, namun barangsiapa yang bisa melawan kantuk untuk bangun dan sujud, maka pahala yang disediakan oleh Allah juga istimewa.

Bagaimana cara berdo’a agar dikabulkan Allah? hendaklah sebelum berdo’a bersuci terlebih dahulu, mengerjakan sholat wajib dan sunnat, berprasangka baik kepada Allah bahwa do’a itu pasti dikabulkan, mengosumsi makanan dan minuman yang halal dan baik, mengerjakan segala perintahnya dan meninggalkan semua larangannya.

Saudara-saudara kita di Gaza Palestina sana yang digempur oleh militer Israel habis-habisan dari darat, laut, dan udara, secara hitungan matematis Gaza akan hancur dalam beberapa menit, tetapi tidak hingga saat ini Gaza masih berdiri tegak lurus, mereka tidak hancur oleh gempuran rudal-rudal yang ditembakkan oleh militer Israel, pertanyaannya, kenapa negeri kecil itu bisa selamat dari gempuran ganas Israel? jawabannya adalah mereka punya Allah SWT sebagai penolong yang dipanggil melalui do’a, do’a, dan do’a. rin_zahi@yahoo.com


Embun Penyejuk Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...