Jumat, 08 Februari 2013

PENGENALAN EMBER KOMPOSTER KELAS


Ketua tim adiwiyata SDIT Adzkia Padang, Ustadz Aswandi mengenalkan ember komposter kepada siswa di hall lantai satu sebelum melaksanakan sholat ashar berjama'ah. Pengenalan komposter ini diinformasikan kepada seluruh siswa dan guru wali kelas tentang fungsi dari komposter itu sendiri.

Ember komposter ini diperuntukkan untuk semua kelas di SDIT Adzkia 1 Madinah. Seluruh sampah sisa makanan bisa dimasukkan ke dalam komposter ini, selanjutnya dari komposter ini akan menghasilkan pupuk cair.

Sebagaimana fungsinya, disebutkan dalam sumber, http://pelangiannisa.blogspot.com/2009/12/pembuatan-komposter-dan-biostarter.html  
adalah alat untuk pembuatan kompos. Alat ini sangat sederhana dan dapat dibuat sendiri. Bagian-bagian komposter meliputi:1. Wadah/bak.ember guna menampung sampah2. Kran untuk mengalirkan lindi3. Saringan untuk memisahkan sampah dan lindi dalam proses pengomposan.4. Pipa udara untuk memasukkan udara yang dibutuhkan dalam proses pengomposan.

Pengadaan komposter untuk kelas-kelas ini adalah kerjasama antara sekolah, LSM, dan Bapedalda Kota Padang. Kemaren diadakan peninjauan langsung, lalu pada hari yang sama, komposter sudah berada di lokasi sekolah, selanjutnya dibagi-bagikan kepada kelas oleh tim adiwiyata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...