Jumat, 08 Februari 2013

KEBIJAKAN MEMAKAI PECI SETIAP HARI JUM'AT




Koordinator Bidang Diniyah, Ustadz Ronika, Jum'at (1/2) mengeluarkan kebijakan kepada seluruh siswa dan guru laki agar memakai peci. Kebijakan ini baru berjalan 25 %. Ternyata Ustadz-ustadznya pun banyak yang tidak memakai peci. 

Siswa yang tidak mengenakan peci, dikumpulkan oleh Ustadz Syafriyon, diberikan  wejangan dan nasehat. Lalu disuruh beristighfar sebanyak 50 kali.

Idealnya, di sekolah islam terpadu, peci adalah termasuk salah satu ciri khas yang tidak boleh diabaikan. Karena itu jati diri Islam, itu pula yang membedakannya dengan umat lainnya.


 dan kebangkitan nasional ke 100 serta waisak ke 25dahulu kala peci merupakan pakaian sehari-hari dari setiap muslim laki-laki di indonesia , seiring dengan kemajuan zaman menurut orang – orang berpendidikan tinggi serta pengaruh dari kebudayaan asing apakah dari barat atau dari arab maka pada saat ini peci hanya di pakai pada waktu-waktu tertentu saja ,diantara pada waktu sholat , resepsi tertentu .sedangkan untuk kegiatan sehari-sehari orang lebih memilih pakai topi , atau tanpa penutup sama sekali (kecuali untuk haji – haji ), sejarah mengenai peci itu sendiri sampai saat ini tidak ada yang tahu persis kapan munculnya dan apa yang melatarbelakangi (falsafah hidup yang ada di dalamnya). berdasarkan informasi yang di dapat oleh penulis , peci mula-mula di perkenalkan pada tahun 1400an setelah laksamana cheng ho datang ke indonesia . peci berasal dari kata pe(artinya delapan) dan chi(artinya energi), sehingga arti peci itu sendiri merupakan alat untuk penutup bagian tubuh yang bisa memancarkan  energinya ke delapan penjuru angin. peci itu sendiri kadang-kadang disebut songkokyang berarti kosong dari mangkok, dengan pengertian falsafah hidupnya hanya mangkok yang kosong yang hanya dapat diisi dengan ilmudan berkah . kadang –kadang peci disebut juga kopiah yang berartikosong karena di pyah (artinya kosong karena di buang ,apayang di buang ? yang di buang adalah semua kebodohan dan rasa iri hati serta dengki yang merupakan penyakit bawaan syaitan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...