Jumat, 26 September 2014

MENGHIDUPKAN ASMA’UL HUSNA


Sudah lama tidak dilantunkan, pada kesempatan dhuha hari Jum’at pagi ini (26/9) kepala sekolah yang sekaligus bertindak sebagai pemimpin do’a mengajak siswa menyanyikan Asma’ul Husna bersama-sama. Lantunan 99 nama-nama Allah ini sering dinyanyikan oleh siswa bersama-sama di lapangan, saat apel pagi pada hari Senin dan Kamis. Walau jumlahnya cukup banyak, dengan pengulangan secara kontinyu, seluruh siswa rata-rata hafal, namun karena tidak diulang-ulangi lagi, siswa-siswi pun terbata-bata saat pelantunan asma’ul husna ini.

“Pembacaan Asma’ul Husna ini akan kembali kita hidupkan, agar kita semua hafal dan paham.” Ujar Ustadz Darman.

Asma’ul Husna merupakan nama-nama Allah Allah yang baik lagi indah, Asma’ul Husna ini mulai digalakkan di sekolah-sekolah se-kota Padang oleh pemerintah kota Padang yang saat itu berada dibawah kepemimpinan Bapak Fauzi Bahar-Yusman Kasim, kemudian dilanjutkan dimasa Fauzi Bahar-Mahyeldi Ansharullah, hingga kepemimpinan berganti lagi ke masa Bapak Mahyeldi-Emzalmi saat sekarang ini masih eksis di sekolah, selama 10 tahun terakhir kota Padang menjadi rujukan kota religius di Indonesia,karena pemko memasukkan itu ke dalam program kerjanya, kita bisa melihat disamping Asma’ul Husna program religius lainnya juga banyak seperti pesantren ramadhan, wirid remaja, majelis ta’lim, TPQ-TQA, dan lain sebagainya.

Allah Swt menciptakan jagad raya dengan segala isinya ini telah memiliki aneka ragam telah memiliki aneka nama yang terdiri dari 99 nama. Dimana nama-nama itu bukan sekedar nama, melainkan nama-nama yang baik, yang sesuai kenyataan dengan yang diberi nama. Yang mana bila kita sebut akan memberi pengaruh dan manfaat yang besar lagi menakjubkkan terhadap pekerjaan yang sedang kita lakukan dan bagi orang-orang yang telah melakukan pekerjaan itu. Maka sebagai muslim, kita dianjurkan berdo’a dengan nama-nama Allah (Asma’ul Husna) tersebut.

Harapan orang tua dan pendidik agar anak-anak tidak hanya hafal, tetapi mengerti makna yang terkandung didalamnya, serta yang lebih penting mau mengaplikasikannya didalam kehidupannya.

Embun Penyejuk Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...