Kamis, 04 September 2014

KEGIATAN POLISI KECIL

Polisi kecil sedang mengatur lalu lintas dalam
Komplek Yayasan Adzkia
Sejak mula dibentuk pada tahun 2012 lalu, polisi kecil yang merupakan ide ketua Adiwiyata SDIT Adzkia bersama waka kesiswaan saat itu serta mendapat dukungan penuh oleh kepala sekolah mulai menampakkan hasil. Keberadaan polisi kecil ini sangat dibutuhkan untuk membantu sekolah didalam menegak disiplin warga sekolah.

Pada waktu itu, polisi kecil diseleksi dari ratusan anak yang mendaftar, adapun syarat-syaratnya adalah sudah minimal kelas 3 dan maksimal kelas 5, untuk memilih calon polisi ini dimulai dari tes kompetensi akademik, kepribadian, dan sikap anak yang baik menurut guru, orang tua dan teman-teman. Bahkan calon polisi yang sudah lulus pun diberi kesempatan selama 3 bulan untuk menunjukkan sikap sungguh-sungguhnya mengemban amanah yang diberikan.

Hanifah Akmal, salah seorang polisi kecil menuturkan, jumlah peserta polisi kecil di SD Adzkia ini ada 30 siswa. Polisi ini mendapat binaan rutin setiap bulan baik dari Polresta Padang, Saka Bhayangkara, dan Polsek Kuranji. Lebih lanjut Hanifah mengatakan, menjelang lomba polisi kecil pada tanggal 16 September 2014 nanti, latihan-latihan kepolisian semakin diintensifkan, bahkan menjadi 4 kali dalam seminggu, adapun waktu-waktunya Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu, pada hari-hari sekolah latihan dimulai setelah ashar sekitar pukul 16.00 Wib hingga menjelang maghrib, sedangkan Sabtu, dimana siswa libur sekolah maka latihannya dimulai pada pagi hari sekitar jam 08.00-10.00 Wib.

Didalam melaksanakan tugas, penanggung jawab polisi kecil yang dalam hal ini langsung waka kesiswaan sudah menyusun jadwal-jadwal piketnya. Di jalanan dalam komplek Yayasan Adzkia, sudah ditunjuk beberapa orang diantara mereka, mereka mengatur lalu lintas dengan dibantu oleh Satpam Yayasan Adzkia serta diawasi langsung oleh Pembina mereka. Di masjid mengatur teman-teman mereka sholat serta menindak mereka yang tidak tertib atau ribut selama berada di dalam masjid, kemudian di lapangan saat upacara atau pun apel pagi, peran serta mereka sangat dibutuhkan dalam merapikan teman-temannya dalam baris berbaris, dan yang tidak kalah pentingnya adalah, dengan terbentuknya polisi kecil ini, sangat membantu program adiwiyata yang sudah dicetus pada tahun 2011 lalu.

Melalui program polisi kecil ini, sekolah mendukung penuh terhadap minat dan bakat anak dari dini, boleh jadi menjadi polisi dimasa depannya adalah cita-cita mereka, maka mereka sudah memulai pengalaman itu dimasa kecilnya. Mudah-mudahan ini adalah jembatan yang memuluskan mereka untuk menggapai cita-cita itu. (Rin_zahi)


Embun Penyejuk Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...