Jumat, 19 September 2014

DHUHA DI KELAS


Siswa kelas rendah mengerjakan sholat dhuha bersama di kelas masing-masing
Tidak seperti Jum’at biasanya yang mana siswa mengerjakan sholat dhuha di masjid, maka pada Jum’at kali ini siswa mengerjakan sholat sunnat dhuha di kelas masing-masing. Pengalihan sholat dhuha ke kelas ini dikarenakan masjid pada pagi ini dipakai oleh mahasiswa baru STKIP Adzkia.

Jum’at pagi adalah jadwal rutin siswa melaksanakan kegiatan dhuha bersama, selesai dhuha dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin oleh ustadz, kemudian penyampaian informasi dari pihak sekolah.

Pada hari lain, siswa tetap ditekankan dan diawasi untuk selalu melaksanakan dhuha, waktunya pada jam istirahat pertama, sebelum snack siswa dianjurkan mengerjakan ibadah sunat yang satu ini.

Banyak keutamaan-keutamaan sholat dhuha bagi orang yang mau mengerjakannya dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, dhuha bisa menghindarkan bala’, memancing rezeki, membuat hati tenang, serta banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya. pembiasaan ini disamping mengajarkan anak-anak juga menguatkan guru-guru yang membimbing dan mendidik mereka.

Membiasakan anak-anak mengerjakan dhuha sejak usia dini merupakan salah satu goresan lukisan di atas batu yang akan diingat dan dikerjakan oleh anak-anak hingga dewasa bahkan sepanjang hayatnya nanti.

Bila dibandingkan, sholat dhuha di kelas lebih efektif. Karena jumlah siswanya sedikit sehingga mudah diatur, kondisi kelas yang nyaman, ber-AC, dan bersih juga mendukung khusyu’nya pelaksanaan ibadah sunat ini. Di kelas, hak penuh dimiliki oleh walikelas bersangkutan, anak-anak lebih mudah diatur jika yang berdiri di hadapannya adalah wali kelas mereka sendiri.

Sholat dhuha bersama ini bacaannya dikeraskan, hal ini bertujuan agar ustadz-ustadzah bisa mengoreksi kesalahan baca anak, kemudian anak-anak diharapkan bisa hafal secara otomatis melalui pembacaan rutin, selesai sholat berdzikir dan do’a bersama. Do’a adalah senjatanya orang mu’min, sehebat apapun ikhtiar seorang hamba, jika tidak diiringi do’a maka usaha yang didapatnya tidak akan mendapat berkah dari sisi Allah.

Terakhir, membudayakan bersalam-salaman kepada ustadz-ustadzah sebelum masuk belajar, memberikan keselamatan kepada sesama saudara seiman, keselamatan yang akan membawa kebahagiaan yang hakiki baik di dunia maupun di akhirat. rin_zahi@yahoo.com

EmbunPenyejuk Hati



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...