Menciptakan
suasana belajar menyenangkan tergantung dari guru yang bersangkutan. Guru yang
mencintai anak dan dunianya akan lebih mudah menciptakan suasana menyenangkan
di dalam maupun di luar kelas. Sudah fitrahnya anak yang dunianya bermain, maka
guru yang memahami anak, ia mampu mengkombinasikan bermain dari setiap
pelajaran yang akan disampaikannya.
Ada
banyak cara agar guru bisa membuat suasana belajar jadi nyaman dan menyenangkan,
pertama
kali, guru harus menyiapkan perencanaan yang matang sebelum pembelajaran
dilaksanakan, seperti menyelipkan games pada rancangan RPP, hal ini selain berfungsi untuk memaksimalkan
profesionalisme, tujuan untuk rancangan games di RPP ini agar langkah kerja
juga berurutan
Kedua,
latihlah diri sebelum mengajar, kata orang Inggris, practice makes perfect,
sehebat apapun orangnya jika tidak latihan sebelum tampil mengajar maka akan
mengalami, masuk tanpa persiapan keluar tanpa penghormatan.
Ketiga,
saat mengajar, pastikan anak-anak tenang, ketenangan diawali menentukan
ketenangan berikutnya, jika anak-anak sudah tenang, pelajaran yang akan
disampaikan oleh guru akan sampai. banyak cara menenangkan anak tanpa harus
marah-marah, memukul meja, atau mencubit pipi anak, jika cara-cara kasar
seperti itu masih diterapkan, hubungan guru dan murid dijamin tidak berjalan
harmonis. Menenangkan murid bisa dengan cara menyanyi bersama, tepuk tangan bervariasi,
memberikan teka-teki, bercerita singkat dan bermakna, dan seterusnya. Cara ini
akan lebih efektif bila dibandingkan harus bermuka masam kepada anak.
Keempat, kuasai
nama-nama anak, anak merasa bangga jika namanya disebut, berarti ia terkenal di
mata gurunya, meskipun ia berbuat salah, selanjutnya hindarilah kata-kata woi,
hei, dan hoi saat memanggil anak, disamping kasar, panggilan-panggilan semacam
itu tidak efektif membuat anak tenang di dalam kelas.
Kelima, banyak-banyaklah
memuji, kadang guru lebih cepat menghukum dibanding memuji, jika anak sudah
mengerjaka tugas dan amanah yang diberikan janganlah pelit untuk memberi
pujian, hadiah tidak harus berupa benda, uang, barang tapi pujian sesungguhnya
hadiah yang sangat diinginkan oleh anak, jangankan anak-anak, orang yang sudah
dewasa pun jika dipuji pasti merasa senang, siapa yang tidak senang jika
dipuji?
Keenam,
guru harus pandai ber-acting. Kenapa anak-anak bisa betah berlama-lama di
hadapan tivi nonton sponge bob, marsha and the bear, tom and jerry, dan lain
sebagainya, karena suara, gerak, dan tingkah lucu dari tokoh-tokoh film
tersebut. Beracting di hadapan anak membuat anak betah berlama-lama dengan
gurunya.
Ketujuh,
bermain sambil belajar, guru harus bekerja keras mencari kreatifitas-Akreatifitas
baru baik dengan ATM amati tiru modifikasi atau dengan penemuan-penemuan
sendiri permainan menyenangkan yang terkait dengan pembelajaran. Bermain adalah
pintu bagi anak untuk masuk ke pembelajaran yang hendak disampaikan guru.
Kedelapan,
bawalah duniamu kepada dunianya, dan antarkan duniamu kedalam dunianya.
artinya, seorang guru harus menyelami bagaimana sifat anak dengan cara
merasakan sendiri bagaimana karakter anak itu maka seperti itu pula sang guru
harus bertindak, setelah masuk ke dunianya, maka bawalah dunia kita, yaitu
pelajaran yang hendak disampaikan ke dunia mereka.
Ada
banyak cara membuat belajar jadi menyenangkan, intinya banyak pelatihan,
seminar, baca buku, belajar dari senior yang sudah berpengalaman itu adalah
jembatan yang mewujudkan seorang guru bisa menjadi professional di dalam
mengajar. Itulah guru yang dicintai oleh muridnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar