Selasa, 30 September 2014

APLIKASI BARU UNTUK PENILAIAN ADIWIYATA


Senin (29/9) Bapedalda Kota Padang mengundang sekolah-sekolah datang menerima aplikasi untuk penilaian adiwiyata, aplikasi ini pada umumnya sama dengan aplikasi tahun lalu, cuma aplikasi ini lebih lengkap dan terperinci. Bapedalda Kota Padang telah menjadwalkan hari yang berbeda-beda untuk masing-masing sekolah, hal ini dikarenakan ruang aula yang kecil dan terbatas. Penanggung jawab adiwiyata masing-masing sekolah akan diberikan aplikasi ini serta penjelasan dari pihak Bapelda itu sendiri. SDIT Adzkia 1 Padang pada tahun ini menuju sekolah adiwiyata mandiri. Yaitu setingkat lebih tinggi dari adiwiyata nasional.

Salah satu program kementrian lingkungan hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif

Tujuan adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program adiwiyata harus berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Prinsip program adiwiyata seperti partisipatif, komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab, kemudian berkelanjutan, yaitu seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Keuntungan yang diperoleh, seperti meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah , penggunaan berbagai sumber daya, penghematan energy, meningkatkan kondisi belajar kondusif yang nyaman bagi warga sekolah, menciptakan kondisi kebersamaan, dan upaya menghindari dampak pemanasan global, atau yang disebut global warming.

Untuk menjadikan sekolah yang peduli dan cinta lingkungan, maka diperlukan bebepa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program sekolah adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.

Embun Penyejuk Hati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...