Senin, 29 September 2014

LOMBA KEBERSIHAN KELAS


Meskipun SD Islam Terpadu Adzkia -1 Memiliki petugas kebersihan, yang disebut cleaning service CS, namun tidak serta merta warga sekolah bisa lepas tangan begitu saja membiarkan sampah berserakan di mana-mana, artinya tanggung jawab kebersihan sekolah khususnya kelas adalah seluruh warga sekolah tanpa terkecuali.

Itulah yang disampaikan oleh Ustadz Ronika pada pagi Senin (29/9) seusai apel pagi di lapangan. Ustadz Ronika menyinggung persoalan tanggung jawab kebersihan kelas harus dikerjakan bersama-sama.

Di samping atas pintu kelas, sudah dipasang bendera-bendera beda warna yaitu hijau, kuning dan merah. Jika di depan kelasnya dipasang bendera hijau artinya kelas tersebut masuk dalam kategori terbersih, indah, dan rapi. ini adalah kelas yang kompak didalam menjaga kebersihan kelasnya, ini adalah pekerjaan wali kelas dan anak-anaknya, yang kedua ada bendera kuning, bagi kelas yang terpasang bendera kuning, artinya ia masuk kategori kelas bersih, dan bagi yang terpasang bendera merah, maka kelas ini masuk kategori kelas kotor.

“Ustadz berikan kesempatan kepada antum selama satu minggu ini untuk berbenah membersihkan kelas, sehingga bersih dan indah dipandang mata, “ Ujar Ustadz Aswandi selaku penilai kepada anak-anak.

Ustadz Aswandi juga mengingatkan kepada anak-anak, jangan pernah merasa bangga kelasnya bersih pada pagi harim karena memang dibersihkan oleh CS, namun pada sorenya kotor. Maka mulai tahun ajaran baru 2014/ 2015 ini kebersihan kelas sudah menjadi tanggung jawab penghuni kelas itu sendiri. Maka wali kelas harus pandai-pandai menyiasati bagaimana baiknya agar kelas bisa bersih meskipun siswa sudah pulang.

Lalu apa kerja cleaning service, untuk CS sistem kerjanya menyeluruh dari dalam hingga luar. Untuk tugas pembersihan kelas, CS mendapat tugas di akhir pekan, maka pada saat itulah CS membantu membersihkan, menyapu, mengepel dan menyusun kursi-kursi agar dapat dipakain nyaman oleh guru dan siswa pada Seninnya.

Tujuan ketua adiwiyata meminta supaya kebersihan kelas diserahkan sepenuhnya kepada warga kelas untuk mendidik karakter siswa-siswi, agar mereka bisa menjadi anak yang bertanggung jawab kepada lingkungan tempat dimana ia beraktifitas.

Embun Penyejuk Hati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...