Jumat, 24 Oktober 2014

MOMENTUM HIJRAH UNTUK KEJAYAAN ISLAM



SD Islam Terpadu Adzkia mengadakan berbagai  kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan 1 Muharram 1436 H, momentum tema yang diusung adalah “ Hijrah untuk Kejayaan Islam.”  Tidak hanya sebatas tema, tetapi yang lebih penting adalah aplikasinya didalam kehidupan warga sekolah.

Adapun yang dilombakan diantaranya, mewarnai untuk kelas 1 dan 2, menggambar untuk kelas 3 dan 4 sedangkan untuk kelas 5 dan 6 lomba drama.

Biasanya untuk lomba mewarnai dan menggambar dikerjakan sendiri-sendiri, maka panitia semarak muharram 1346 H tahun ini sistemnya diganti, yaitu satu gambar akan diwarnai oleh tim, untuk tim ini sudah dibentuk sebanyak 6 per kelas. Demikian juga halnya dengan menggambar. Sedangkan drama, masing-masing kelas mengutus 2 tim.

Tempat pelaksanaan lomba-lomba ini sudah ditentukan oleh panitia termasuk penanggung jawab bidang acara itu sendiri. Untuk lomba mewarnai disatukan di hal lantai satu SDIT Adzkia Madinah, penanggung jawabnya adalah Ustadzah Novi Primawati dan Elya Septina, sedangkan peserta menggambar di lantai 2 dan 3 dengan penanggung jawab ustadz Husni dan Hendra Utama, dan untuk lomba drama special ditempatkan di panggung utama lapangan basket samping sekolah.

Lomba ini memperebutkan juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing bidang lomba, peserta terbaik yang berhasil menduduki posisi tersebut akan diberikan penghargaan berupa bingkisan dan piagam yang nantinya diserahkan pada peringatan sumpah pemuda.

Berkaitan dengan lomba-lomba semarak muharam ini, maka untuk proses belajar mengajar siswa-siswi diliburkan alias dialihkan ke kegiatan penyambutan Tahun Baru Islam ini.

Disamping lomba-lomba yang disebutkan tadi, juga ada lomba display kelas, yaitu lomba menghias kelas dengan segala pernak-perniknya yang ada kaitannya dengan 1 Muharram, untuk tim penilainya langsung oleh kepala sekolah sendiri di dua sekolah masing-masing. Selanjutnya ada lomba administrasi kelas, yaitu perapian perangkat-perangkat yang ada di kelas, hal ini bertujuan agar guru-guru di kelas ikut serta membantu sekolah dalam perapian arsip-arsip yang ada.

Disamping kegiatan anak-anak, guru-guru pun juga ada kegiatan, untuk ustadzah pada siang setelah Jum’atan diwajibkan mengikuti jalasah ruhiy, yaitu kajian keislaman yang nantinya disampaikan oleh Ustadz Dr. Rahmadi Kurnia, sedangkan untuk ustadz-ustadz diwajibkan mengikuti kegiatan MABIT yaitu malam bina iman dan taqwa, dimulai sesudah magrib hingga shubuh paginya.


Embun Penyejuk Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...