Rabu, 20 Februari 2013

Evaluasi Taman Kelas

Ketua Adiwiyata SDIT Adzkia 1 Padang memaparkan evaluasi taman kelas siswa yang sudah berjalan 1 bulan ini
Selasa (18/2) lalu setelah ashar berjama'ah, Ustadz Aswandi, Ketua adiwiyata SDIT Adzkia Padang 1 memberikan evaluasi tentang taman kelas. Ada beberapa poin yang sepertinya sepele namun cukup memberikan dampak atau pengaruh terhadap program adiwiyata yang dirintis oleh sekolah ini mulai dari tahun lalu.

"Tanaman-tanaman apotik kelas 3 Hunain 1 itu sudah bagus, sudah diberikan plang nama, namun sekarang yang tinggal hanya plang nama saja. Sedangkan tanamannya raib entah kemana" Ujar Ustadz Aswandi. "Oleh sebab itu, ustadz menghimbau kepada anak-anak ustadz semua, untuk menyiapkan tanaman apotik hidup itu agar jangan mengambil milik kelas lain, bawalah dari rumah. Atau jangan pernah pula memindahkan bunga-bunga yang ada di kelas-kelas atau di depan gedung sekolah untuk melengkapi taman kelas masing-masing."

Dia juga menggambarkan, bahwa dengan hadirnya sekolah adiwiyata ini, kita sangat merasakan manfaatnya, lingkungan menjadi bersih, indah, rapi dan nyaman untuk dihuni.

Untuk apa sebenarnya program adiwiyata ini hadir? Apa manfaatnya bagi kita? menurut http://tik-david.blogspot.com/2011/03/manfaat-program-adiwiyata.html Manfaat Dari Program Adiwiyata adalah
1. Merubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.
2. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
3. Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
4. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
5. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
6. Dapat menghindari berbagai Resiko Dampak Lingkungan di wilayah sekolah.
7. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik, dan benar. 
8. Mendapat penghargaan sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur dan Tingkat Nasional



Tujuan Program Adiwiyata ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi sekolah yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun tujuan utama adalah mewujutkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Adapun keuntungan yang diperoleh adalah :
1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
2. Meningkatkan penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi.
3. Meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
5. Dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
6. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai – nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
7. menciptakan sekolah yang bisa menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GURU KREATIF

GURU KREATIF Oleh : Husni S, Ag.  S enin   11 Rabi’ul Akhir 1441 H,   bertepatan dengan 9 Desember 2019, merupaka...